Siapa Bilang Tidak Bisa? Penyandang Disabilitas Bisa!

Para penyandang disabilitas sering sekali dipandang sebelah mata dan dianggap tidak mampu. Mereka salah, justru penyandang disabilitas bisa dan mampu bahkan lebih mampu dari pada non-disabilitas, jika diberi kesempata. Ya, kesempatan. Banyak sekali penyandang disabilitas yang memiliki keahlian di bidang tertentu dan bahkan melebihi dari mereka yang non-disabilitas. Semua ini hanya masalah kesempatan kompasiana.

Negara sendiri sudah memberikan jaminan hidup kepada penyandang disabilitas, melalui Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang disabilitas. Jaminan hidup ini juga termasuk jaminan penyandang disabilitas memiliki pekerjaan agar mampu menghidupi diri sendiri secara mandiri. Sayangnya, belum banyak perusahaan di Indonesia yang secara terbuka memberikan kesempatan atau mempekerjakan penyandang disabilitas. Padahal menciptakan perusahaan yang inklusif justru akan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan itu sendiri. Perusahaan inklusif adalah perusahaan yang mengakomodir dan menghargai keberagaman tenaga kerjanya, sama seperti halnya dengan penyandang disabilitas.

Di antara manfaat perusahaan inklusi mempekerjakan penyandang disabilitas adalah:

– Produktivitas yang lebih tinggi. Tenaga kerja penyandang disabilitas tidak akan membuang-buang waktu mereka untuk hal yang tidak penting dan yang jelas mereka akan memberikan yang terbaik bagi perusahaan sebagai balasan dari bentuk “hutang budi” karena sudah mempekerjakan mereka.

– Turnover perusahaan yang sedikit. Dengan mempekerjakan penyandang disabilitas, mereka tidak akan seenaknya bekerja di perusahaan tersebut, karena jika ia bekerja tidak sesuai dengan standar perusahaan maka ia akan dikeluarkan, sementara mencari pekerjaan bagi penyandang disabilitas bukanlah hal yang mudah.

– Meningkatkan pendapatan bisnis perusahaan. Dihiung dari tingginya produktivitas pekerja penyandang disabilitas di perusahaan dengan turnover yang rendah, maka tentunya akan memberikan dampak bagi perusahaan, yakni meninngkatnya pendapatan bisnis perusahaan tersebut.

– Tingkat keselematan tenaga kerja tinggi. Kenapa? Karena penyandang disabilitas tentu akan bekerja dengan sangat hati-hati dan tidak mau mencelakakan tenaga kerja yang lain, sehingga tentulah tingkat keselamatan tenaga kerja perusahaan inklusif tinggi.

Masih ada banyak manfaat dari menjadi perusahaan inklusi. Menjadi Perusahaan inklusi tidaklah sulit, cukup dengan memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas dan fokus terhadap skills yang mereka miliki. Maka, penyandang disabilitas bisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *